Mahasiswa KKN Tematik Unram Andil Bentuk Pokdarwis Pringgarata

  • Bagikan

LOMBOK TENGAH (RadarNTB) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) ikut andil dalam kegiatan penyuluhan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Pringgarata untuk mengangkat potensi wisata.

Kegiatan ini dilakukan guna memberikan pemahaman terhadap masyarakat terutama pemuda desa bahwa perlu adanya kesadaran dari setiap elemen masyarakat akan lembaga yang bergerak dalam pengelolaan wisata di Desa Pringgarata.

Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) menjadi aktor penggerak utama kepariwisataan yang dapat berperan efektif menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan wisata desa yang maju dengan dukungan penuh dari masyarakat. Dengan begitu dapat menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan pariwisata desa.

“Pringgarata merupakan desa yang potensial akan wisata alam dan wisata budaya. Wisata alam di desa pringgarata ada abangan, sedangkan untuk wisata budaya ada wayang kulit, gendang beleq, dan peresean yang tentunya jika potensi ini dikembangkan dan dikelola dengan baik pasti akan berdampak besar terhadap kondisi perekonomian masyarakat desa Pringgarata,” ungkap Wildan Sugandi selaku ketua Kelompok KKN Desa Pringgarata, Selasa (04/01/2022).

Penyuluhan tersebut lebih menekankan akan pentingnya orang gila yakni orang-orang bekerja tanpa kenal lelah yang mau menjadi eksekutor dalam pengembangan potensi wisata di desa Pringgarata. “Sehingga orang-orang gila ini nantinya diharapkan mampu mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di desa Pringgarata supaya kedepannya desa ini tak hanya terkonsentrasi di satu sektor ekonomi primer yaitu pertanian, perkebunan, dan pembudidayaan saja akan tetapi dapat menjadi terobosan baru khususnya disektor pariwisata dan ekonomi kreatif.” Jelasnya lebih lanjut.

Penyuluhan pembentukan pokdarwis adalah salah satu program kerja mahasiswa KKN Unram yang bertemakan Pariwisata dan Lingkungan di Desa Pringgarata kecamatan Pringgarata kabupaten Lombok Tengah.
Kegiatan ini dihadiri oleh Aparatur Desa Pringgarata, Ketua BPD (Badan Pemusyawaratan Desa), Kepala Dusun se-desa Pringgarata dan Perwakilan Remaja se-desa Pringgarata. Dalam satu kesempatan Ketua BPD desa Pringgarata, H. Nasibun Wadi menyampaikan beberapa poin penting terkait perlunya lembaga seperti Pokdarwis hadir di Lingkungan Desa Pringgarata.

Menurutnya, penyuluhan pembentukan pokdarwis yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-Tematik Universitas Mataram di Desa Pringgarata sangat bagus dan sangat perlu dilakukan sebagai langkah awal dalam mewujudkan desa pringgarata menjadi Desa Wisata yang tentunya akan mengubah Mindset masyarakat khususnya di bidang ekonomi yang saat ini hanya terkonsentrasi pada sektor ekonomi primer.

Pemerintah Desa Pringgarata dan Masyarakat desa sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan pembentukan pokdarwis yang dilaksanakan di aula kantor desa. Kepala seksi pemerintahan Bapak Bambang Heri sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN Unram yang bertemakan Pariwisata dan Lingkungan karena sangat membantu menyadarkan masyarakat terutama pemuda akan pentingnya lembaga yang bergelut dalam pengelolaan wisata di Desa Pringgarata.

“Harapan kami kedepan dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih sadar lagi akan pentingnya pengembangan dalam sektor wisata di Pringgarata sehingga dapat menjadi desa dengan sektor ekonomi yang lebih variatif dan dapat menumbuhkan lapangan pekerjaan baru demi kesejahteraan masyarakat setempat,” harap Kepala Seksi Pemerintahan Desa Pringgarata, Bambang Heri.(Aeni*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.