UIN Mataram Tuan Rumah Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022

  • Bagikan
UIN Mataram Tuan Rumah Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022
Dr Saleh Ending Ketua Panitia Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022. foto Maman radarntb.com

MATARAM radarntb.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram terpilih menjadi tuan rumah Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022 yang akan berlangsung pada tanggal 18-20 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 127 dosen pilihan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia, selain itu ada juga peserta dan pembicara dari luar negeri.

UIN Mataram menjadi tuan rumah kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022 ini, tentunya tidak mudah, sebab penentuannya langsung dari Kementerian Agama RI.

Rencananya menteri agama Yaqut Cholil Qoumas akan hadir saat acara ICIS di UIN Mataram ini, sekaligus membuka acara tersebut.

Hal itu diungkapakan oleh Ketua Dekan Fakultas Dakwah UIN Mataram Dr Saleh Ending kepada radarntb.com, Selasa (20/9/2022).

“UIN Mataram sebagai tuan rumah AICIS merupakan penunjukan langsung dari kementerian agama RI,” jelasnya.

Pada dasarnya kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ini sudah sering terlaksana di Indonesa maupun di luar negeri, namun baru kali ini UIN Mataram ditunjuk sebagai tuan rumah oleh kementerian agama RI.

Sebagai informasi, Dr Saleh Ending adalah ketua panitia pelaksana AICIS Lombok dan Bali tahun 2022 ini, ia ditunjuk langsung oleh kementerian Agama RI, atas rekomendasi Rektor UIN Mataram Prof Dr Masnun Tahir.

Acara ini cukup bergengsi, sebab selain pesertanya dari PTKIN seluruh Indonesia, akan ada peserta dan pembicara dari luar negeri, seperti Australia, Amerika, Malaysia dan lain-lain.

“kegiatan ini sesungguhnya adalah sebuah kegiatan untuk menyambut G20, sebab itu akan ada kegiatan AICIS di Bali juga pada tanggal 1-4 November 2022,” jelas bang Saleh sapaan akrabnya.

Hari pertama kegiatan, akan diisi dengan Gowe Kebangsaan dan sejumlah acara lainnya, baru kemudian acara inti pada hari kedua.

Hari ketiga, peserta AICIS UIN Mataram akan diajak jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di Lombok, seperti di Sirkuit Mandalika.

Pada sela kegiatan akan ada pameran hasil kerajinan Mahasiswa dan UMKM binaan UIN Mataram tentunya.

Saleh Ending mengatakan, pihaknya juga akan membuka kesempatan bagai UMKM luar binaan UIN Mataram untuk memamerkan hasil kerajinannya. (mn*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.