24 Bintara Polri Lulus Rekrutmen Proaktif TA 2022 di Polda NTB

  • Bagikan

MATARAM (RadarNTB) – Sebanyak 24 Bintara Polri lulus Rekrutmen Proaktif TA 2022 di Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB), mereka terima kabar kelulusannya di ruang rapat utama Polda NTB, Kota Mataram, Rabu (29/12/2021)

Diketahui bahwa, proses rekruitmen proaktif Bintara Polri adalah perekrutan anggota Polisi yang dilaksanakan melalui tiga jalur yakni pemanduan bakat, tindakan afirmatif dan penghargaan.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Wakapolda NTB) Brigjen Pol Ruslan Asapan kepada media mengatakan, penjaringan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor: Kep/1696/XI/2021 tanggal 8 November 2021 tentang penyelenggaraan rekrutmen proaktif dalam penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2022.

“penerimaan proaktif Bintara polri ini bahwa, kita mengakomodir apa yang menjadi kebijakan Kapolri, penentuan kelulusan juga ditentukan oleh Mabes Polri,” jelasnya.

Untuk peserta yang lulus, Brigjen Pol Ruslan berpesan agar mereka terus memacu dirinya dan terus mengasah kemampuannya agar dapat berguna di masyarakat setelah penugasan nanti.

Sementara untuk yang belum lulus, Ruslan mengingatkan agar mencoba lagi ditahap yang lain.

“untuk yang tidak lulus masih ada kesempatan untuk masuk menjadi anggota Polri nanti bulan Februari 2022, tetap jaga kesehatan siapkan fisik dan mental,” ujarnya.

Lebih jauh Karo SDM Polda NTB Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Satria Yusada menjelaskan bahwa untuk kategori pemanduan bakat merupakan kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri dari berbagai daerah meliputi wilayah suku pedalaman terpencil hingga pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan Indonesia.

Sedangkan tindakan afirmatif adalah kategori pencarian bakat dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri, seperti yang beprestasi dibidang akademi, Atlit, Tahfiz Al-Qur’an dan lainnya.

Katagori penghargaan diberikan Polri kepada anak-anak anggota polisi yang gugur dalam tugas dan memiliki penghargaan yang dipersyaratkan serta kepada anak-anak masyarakat yang gugur atau berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas dengan ketentuan yang ada.

Untuk proses penerimaan anggota Bintara Polri jalur Rekrutmen Proaktif ini pada dasarnya sama seperti penerimaan reguler.

“prosesnya sama seperti penerimaan reguler, namun ada hal-hal yang sifatnya khusus,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.