Muktamar Pertama NWDI Akan Digelar, Mulai 29 Januari 2022

  • Bagikan

Mataram (RadarNtb) – Muktamar pertama NWDI akan digelar, rencananya akan berlangsung selama tiga hari di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur (Lotim), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni mulai hari Sabtu 29 hingga Senin 31 Januari 2022.

Digelarnya Muktamar Pertama NWDI tesebut, setelah terjadinya kesepakatan antara kedua cucu Maulana Syekh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid, yakni TGB KH Muhammad Zainul Majdi dan RTGB KH M Zainuddin Atsani tahun 2021 lalu.

Diketahui, hasil kesepakatan tersebut menyebutkan bahwa dari pihak TGB KH Muhammad Zainul Majdi, nama organsasinya yakni Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) berpusat di Pancor.

Sementara RTGB KH M Zainuddin Atsani tetap menggunakan Nahdlatul Wathan (NW) berpusat di Anjani, Lombok Timur.

Kabar tentang rencana pelaksanaan Muktamar pertama yang akan di gelar NWDI tersebut diterima RadarNTB pada acara Konferensi Pers Jelang Muktamar Ke-1 di Gedung TGB Center, Kota Mataram Provisni Nusa Tenggara Barat (NTB) Rabu (26/1/2022).

Ketua 2 Pengurus Besar (PB) NWDI H Najmul Ahyar dalam acara konferensi pers itu mengatakan bawa, penyelenggaraan Muktamar pertama NWDI itu diselenggarakan setelah dikeluarkannya SK Kemenkumham.

“NWDI merupakan wadah perjuangan dan perkumpulan yang di SK-kan oleh Kemenkumham,” jelas H Najmul Akhyar.

“penyelenggaraan Muktamar kali ini adalah yang pertama dan pertama kali NWDI sebagai Organisasi Ber-Muktamar” Jelas H Najmul.

Dijelaskan, Muktamar Ke-1 nanti akan membahas dan menetapkan masalah terkait keagamaan, perubahan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), garis besar program NWDI lima tahun kedepan, menyusun rekomendasi terkait pergerakan dan kontribusi NWDI terhadap kemaslahatan bangsa, pemilihan Rais AM dan ketua umum pengurus besar NWDI.

Diperkirakan, jumlah nahdliyyin dan nahdliyyat yang akan menyemarakkan muktamar, kurang lebih 1.244 orang, pesertanya akan datang dari 27 Propinsi di Indonesia dan empat negara perwakilan khusus dari luar, yakni Arab Saudi, Mesir, Yaman dan Malaysia.

Peserta Muktamar berasal dari utusan
pengurus besar, pengurus wilayah, pengurus daerah, pengurus cabang, pengurus
perwakilan dan pimpinan pusat badan otonom.

Sedangkan peninjau muktamar
berasal dari pimpinan pesantren, cendikiawan dan tokoh Agama & masyarakat yang diundang khusus.

Muktamar akan dilaksankaan dengan model Hybrid offline di Pancor dengan Prokes Covid-19 yang ketat serta ada juga peserta yang mengikuti acara secara online melalaui platform zoom meeting.

Ketua panitia Muktamar H Irzani mengatakan, Muktamar pertama NWDI ini akan diselenggarakan selama tiga hari yakni mulai hari Sabtu 29 hingga Senin 31 Januari 2022 bertempat di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok
Timur, NTB.

“Muktamar Tersebut Akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dan dihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju; Seperti Mendikbud RI, Menteri Agama, Menteri BUMN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Turut
diundang Pengurus Besar Ormas Islam Indonesia yang terhimpun dalam LPOI,” pungkas Irzani.(Yar*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.