Pangkalan SBH Bapelkes Mataram Diresmikan Pengurusnya Dilantik

  • Bagikan
Pangkalan SBH Bapelkes Mataram Diresmikan Pengurusnya Dilantik
Foto bersama dalam acara peresmian pangkalan Saka Bakti Husada (SBH) Bapelkes Mataram dan Pelantikan Pengurus, Jumat (22/7/22). foto Bapelkes Mataram for radarntb.cok

LOMBOK BARAT radarntb.com – Pangkalan Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Bapelkes Mataram Kemenkes RI terbentuk dan langsung diresmikan, selain itu pengurusnya juga dilantik.

Pangkalan SBH tersebut diresmikan oleh Bupati Lombok Barat yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Arief Suryawirawan, SSi, APt, MPH yang juga selaku Ketua Majelis Pembina Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Barat.

Sementara pelantikan pengurus Saka Bakti Husada (SBH) Bapelkes Mataram Kemenkes RI dilaukan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Barat Kakak Drs. Hendrayadi, bertempat di Bapelkes Mataram Jl. Gora 2 Lingsar Lombok Barat, Jumat, (22/7/2022.

Dalam sambutan nya Kak Hendra menyampaikan apresiasi serta menyambut baik apa yang diinisiasi oleh pihak Bapelkes Mataram untuk membentuk Pangkalan SBH sehingga ini bisa menjadi awal yang baik untuk membangkitkan kegiatan ke Pramukaan khususnya di Lombok Barat.

“Kami dari Kwarcab Lombok Barat melantik Pengurus SBH Pangkalan Bapelkes Mataram karna dari konsep kewilayahan berada di Kabupaten Lombok Barat yang berbatasan dengan Kota Mataram sehingga sesuai prosedur dan surat permintaan Kepala Bapelkes Mataram maka pada hari ini kami melantik Pengurus SBH Bapelkes Mataram,” kata Hendra.

Dijelaskan, dengan telah dilantiknya Kepengurusan SBH Pangkalan Bapelkes Mataram berharap agar bisa diikuti oleh semua Kwaran untuk membentuk Pangkalan SBH di setiap Puskesmas dan Instruktur yang ada di Balai Pelatihan Kesehatan Mataram harus siap melatih dan memberikan edukasi khususnya terhadap pemahaman anggota tentang kesehatan.

Lebih jauh Hendra menyebutkan bahwa Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana ini, memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya guna menghadapi tantangan global yang menggerogoti persatuan dan kesatuan bangsa.

“Oleh karenanya dibutuhkan kaum muda yang memiliki jiwa patriotisme, berwawasan global, memiliki karakter dan kepribadian yang luhur serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia. Dalam bidang kesehatan diwujudkan dengan pembentukan Saka Bakti Husada,” katanya.

Dijelaskan, Saka Bakti Husada (SBH) merupakan salah satu bagian dari pramuka yang didalamnya dijadikan wadah pendidikan untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota baik anggota pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

Sementara, Kepala Bapelkes Mataram Kemenkes RI selaku Ketua Majelis Pembina SBH Pangkalan Bapelkes Mataram yang baru dilantik, Kak Ali Wardana dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lombok Barat yang telah melantik dan memberikan dukungan penuh sehingga pelantikan bisa dilaksanakan baik.

“ini menjadi tonggak sejarah karena kami Bapelkes Mataram belum genap berusia 7 bulan dan baru bertransformasi menjadi UPT Kemenkes RI berdasarkan Permenkes No. 29 Tahun 2021. dimana sebelumnya merupakan UPT Dinas Kesehatan Provinsi NTB,” terang Ali Wardana.

“Insha Alloh setelah dilantik kepengurusan ini maka kami akan bergerak cepat mengikuti kakak2 senior kami di SBH BBPK/Bapelkes Nasional,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Dari enam Krida dalam SBH, yaitu krida bina keluarga, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, serta krida bina perilaku hidup bersih dan sehat, Bapelkes Mataram memiliki Instruktur dengan SDM yang lengkap sesuai dengan tusinya sebagai Lembaga Kediklatan Kesehatan.

“Kami siap memberikan pelatihan dan memberikan transfer knowledge kepada semua pangkalan SBH yang ada di seluruh Puskesmas, RS dan Sarana pelayanan kesehatan di Lombok Barat juga di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujarnya.

Dengan dilantiknya Pengurus dan diresmikannya Pangkalan SBH Bapelkes Mataram maka kegiatan kepramukaan sudah bisa dilaksanakan oleh Pangkalan SBH Bapelkes Mataram.

Lebih jauh Ali Wardana berharap Jambore Nasional SBH bisa diadakan di Lombok NTB karena Balai Pelatihan Kesehatan Nasional berjumlah 7 di Indonesia sehingga kegiatan tersebut sangat mungkin untuk dilaksanakan.

Selain itu didukung juga dengan luasnya lahan kosong yg ada di Bapelkes Mataram serta potensi mengembangkan daerah wisata dengan program health Tourism.

“Terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak semoga kami bisa berkarya. Salam Pramuka Sehat dan Sukses selalu untuk kita semua,” pungkasnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.