Sikap Adalah Aset Yang Berharga

  • Bagikan

(Radar NTB) – Dalam bidang apapun sikap merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan melebihi faktor teknis dan bakat, sikap adalah aset yang berharga

Sebagai contoh dalam kontes kecantikan misalnya pemilihan Miss universe yang dinilai yang dinilai tidak hanya faktor kecantikan semata melainkan sikap para kontestan juga turut dinilai

contoh lain ketika terjadi serangan teroris 11 September di Amerika serikat hampir semua maskapai penerbangan mengalami kerugian tetapi di saat itu ada sebuah maskapai penerbangan kecil yang justru mengalami kemajuan yaitu Southwest Airlines.

Apa rahasianya, direktur HRD maskapai ini Jose Colmenares menyatakan bahwa kuncinya terletak pada perekrutan karyawan, mengapa dia memberitahu rahasia kesuksesannya dalam merekrut karyawan.

“kami tidak mencari yang berpengalaman berpengalaman atau yang punya keterampilan tetapi kami mengutamakan yang memiliki sikap yang bagus misalnya yang semangat, humoris, percaya diri, ramah dan mau melayani, jadi sikap adalah faktor yang menentukan kesuksesan seseorang di bidang apapun,” jelas Jose Colmenares dalam buku Freedom Is Not Free yang ditulis oleh Suprato Tjoatja, penerbit Wonderland Publisher

Apa yang dimaksud dengan sikap, Sikap adalah sesuatu yang ada didalam diri sendiri yang mempengaruhi cara pandang terhadap segala sesuatu.

Sikap merupakan faktor internal dan eksternal yang dapat dikendalikan oleh diri kita sendiri, misalnya kondisi perekonomian yang lesu, penolakan adanya online yang berhenti, keadaan cuaca yang tidak menguntungkan, banjir macet dan lain-lain.

Tetapi sesulit apapun faktor eksternal itu semua tergantung sikap Anda, masalah bukanlah masalah itu tergantung cara anda memandangnya.

Sebagai contoh, jika produk yang dipasarkan oleh perusahaan sedang kosong hal ini bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi dengan mengubah sikap atau cara pandang masalah bisa menjadi hal yang positif.

Misalnya, Anda bisa berpikir bahwa produk kosong berarti produk itu laku, nah jika produk itu laku berarti produk itu bagus, dengan penalaran seperti itu masalah produk kosong bisa menjadi hal yang positif yaitu produk bagus.

Semua bergantung kepada cara pandang kita terhadap faktor internal yang bisa dikendalikan.

Kabar baik yang kedua, sikap hanyalah masalah keputusan, bukan keterampilan yang membutuhkan waktu yang lama untuk melatihnya, karena sikap adalah sebuah keputusan yang bisa dengan cepat mengubah sikap kapanpun kita mau.

Misalnya sikap Anda lagi negatif dan bete karena terjebak macet percuma Anda mengeluh karena macet adalah faktor eksternal yang tidak bisa anda ubah dalam sekejap.

Anda bisa mengubah sikap negatif menjadi positif dengan mendengarkan CD USB berisi audio inspirasi dan memanfaatkan waktu di dalam mobil untuk mendengarkan motivasi-motivasi, ini hanya sebuah keputusan dan bisa diubah dalam sekejap.

Sikap adalah permainan dalam pikiran, andalah yang mengendalikan sikap Anda sendiri Anda bisa membuatnya positif atau negatif.

Sikap negatif tidak membawa manfaat apapun untuk kita, karena itu berjuanglah, untuk selalu bersikap positif di segala situasi ingat andalah yang mengendalikan sikap anda, bukan orang lain.(Sumber*/Buku Freedom Is Not Free)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.