Wisata Lombok Mulai Hidup Berkat IATC dan WSBK, Begini Prokesnya

  • Bagikan

LOMBOK TENGAH (RadarNTB) – Wisata Lombok berangsur-angsur mulai hidup, berkat event Idemitsu Asia Talen Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) begini Prokesnya.

Mulai digelar dua event tersebut di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kuta, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Wisata Lombok berangsur-angsur hidup kembali.

Selain itu pedagang kecil maupun pemilik restaurant di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika mulai terlihat bangkit dan menggeliat.

Kendati masih pandemi, tentunya yang paling utama menjadi perhatian adalah penerapan protokol kesehatan (Prokes) agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan, begini strategi penerapan Prokesnya.

Pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusu (KEK) Mandalika dipadati kendaraan wisatawan yang akan berwisata ke Kuta mandalika, (foto,Maman)

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si menjelaskan, karena tempat wisata di Lombok mulai menggeliat dan wisatawan mulai mengincar tempat wisata dan rumah makan, tentunya yang paling untama diperhatikan adalah penegakan Prokesnya agar Covid-19 tidak menyebar.

Dijelaskan, penerapan protokol kesehatan harus tetap diutamakan dengan cara melakukan patroli rutin di kawasan super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.
 
“Penggunaan protokol kesehatan yang paling utama adalah penggunaan masker, dan tentu patroli rutin protokol kesehatan akan terus kami lakukan, tentunya dengan cara yang humanis dengan menegur dan kemudian memberikan masker kepada yang tidak menggunakan masker” katanya.
 
Meningkatnya wisatwan datang ke NTB membuat hiruk pikuk pedagang-pedagang kecil maupun pemilik restaurant di Kawasan Ekonomi Khusus mulai terlihat bangkit dan bergeliat, wisatawan mulai mengincar tempat-tempat wisata di Lombok.

Polisi Pariwisata dengan seragam khusunya, disipakan, guna melayani wisatawan sembari memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka, selain itu mereka juga dibekali dengan bahasa humanis agar wisatawan nyaman.

Massivenya pemberitaan dari postingan media sosial pembalap ataupun wisatawan, saat berada di lombo, tentunya banyak orang yang mengincar lombok dan memasukkan lombok sebagai agenda liburan mereka.
 
Efek domino dari IATC dan WSBK cukup terasa, wisatawan mulai berdatangan ke NTB, terbukti dengan meningkatnya aktifitas penerbangan di Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah.

Terpisah, Humas BIL Arif Harianto di Kantornya Sabtu (20/11/2021) mengatakan, jumlah penumpang dari dan menuju Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah semakin hari semakin meningkat.

Pihaknya mencatat, peningkatan jumlah penumpang di bandara naik 44% dari sebelumnya, lonjakan penumpang tersebut membuat petugas Polisi Bandara pun turut serta berjibaku memberikan pelayanan keamanan kepada penumpang.
 
Menurut catatan pihak bandara, Kamis (18/11) lalu ada 5.757 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional ZAM Lombok, yang berangkat 3.449 yang tiba 2.308, sebelumnya penumpang yang datang dan pergi kurang lebih berjumlah 4000.

“mulai Kamis lalu ada kenaikan penumpang di bandara sekitar 44% dibandingkan sebelum ada IATC dan WSBK,” pungkasnya.(yn*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.