14 Desa di Loteng Resmi Mekar, Kode Registrasinya Sudah Keluar

  • Bagikan

PRAYA (RadarNTB.com), 14 Desa di Lombok Tengah (Loteng) resmi Mekar, kode registrasinya dari Pemprov NTB sudah keluar. Setelah melalui proses tahapan dan perjuangan panjang untuk mempersiapkan diri menjadi desa persiapan, 14 calon desa persiapan di Lombok Tengah (Loteng) akhirnya menerima kode register desa persiapan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyerahan dokumen dari Pemprov NTB itu, diterima langsung Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri di kantornya, Kamis (28/10) usai menggelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Akhirnya 14 calon desa persiapan yang dinyatakan lulus administrasi pemberkasan persyaratan ini sudah bisa mendapatkan kode register desa persiapan,” ungkap Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri dihadapan panitia pemekaran desa.

Dikatakan Pathul, bahwa Pemkab memang sudah menerima surat dari Pemprov NTB terkait pemberian kode register desa persiapan tersebut.

Artinya 14 calon desa persiapan ini kini sudah resmi menjadi desa persiapan, dalam waktu dekat Pemkab Loteng akan merancang jadwal penunjukan pejabat kepala desa di 14 desa peryang baru di Lombok Tengah ini.

“Kode registrasi desa persiapan ini akan menjadi dasar kita untuk mengangkat pejabat kepala desa persiapan sebagaimana amat pasal 12 ayat 4 sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2014,” jelas Politisi Gerindra ini.

Penunjukan pejabat kepala desa tersebut lanjut Pathul, nantinya akan dirundingkan dengan Baperjakat untuk menentukan siapa-siapa pejabat yang akan ditunjuk untuk masing-masing desa persiapan itu.

Itu juga sebagai upaya Pemkab Loteng menindaklanjuti hasil klarifikasi dan verifikasi administrasi dan tekhnis pembentukan 14 calon desa persiapan itu.

“Oleh tim penataan desa Provinsi, merekomendasikan bahwa 14 desa tersebut layak dan memenuhi syarat untuk diberikan kode register desa persiapan,” terangnya.

14 desa persiapan ini hasil dari mekar desa di 12 desa di 5 kecamatan yang ada di Lombok Tengah, yakni, Kecamatan Praya Timur, Praya Barat, Batukliang, Kopang dan Pujut.

Itu artinya 14 desa pecahan dari 12 desa yang ada di Lombok Tengah ini akan tercatat sebagai jumlah desa yang baru di Lombok Tengah mulai tahun 2021 ini.

Berikut nama-nama desa yang mekar di Lombok Tengah :

Desa yang mekar di Kecamatan Praya Timur terdiri dari Desa Semoyang dengan calon desa persiapannya bernama Desa Semu Dane, kemudian Desa Sengkerang dengan calon desa persiapannya bernama Desa Embung Puntik, berikutnya Desa Mujur dengan calon desa persiapannya bernama Desa Dahe terkahir Desa Kidang dengan calon desa persiapannya bernama Desa Kidang Baru.

Berikutnya Desa yang mekar di Kecamatan Praya Barat yakni, Desa Penujak dengan calon desa persiapannya bernama Desa Mentotok Selanglet, kemudian Desa Batujai dengan calon desa persiapannya bernama Desa Batu Asak serta Desa Bonder dengan calon desa persiapanny bernama Desa Masjuring, selanjutnya Desa Mangkung dengan calon desa persiapannya bernama Desa Jangkih Jawe.

Selanjutnya desa yang mekar di Kecamatan Batukliang yakni, Desa Selebung menjadi dua calon desa persiapan yakni Desa Tojong-Ojong dan Desa Benue.

Setelah itu desa yang mekar di Lomok Tengah yakni beberapa desa di Kecamatan Kopang yakni Desa Wajageseng dengan calon desa persiapannya bernama Desa Peseng kemudian Desa Monggas dengan calon desa persiapannya bernama Desa Monggas Bersatu.

Terakhir Desa yang mekar di Lombok Tengah yakni desa yang ada di Kecamatan Pujut yakni di Desa Mertak ada dua calon desa persiapan yakni Desa Nandus dan Desa Awang. (HMS*).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.