Lintas Sektoral di NTB Gelar Final Chek Meeting Event IATC dan WSBK

  • Bagikan

MATARAM (RadarNTB) – Lintas Sektoral di Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar rapat koordinasi (Rakor) Final Chek Meeting Kesiapan Event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Hotel Premier Park, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/11/2021).

Final Chek Meeting Event itu dibuka dan dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.I.K., M.H. dihadiri Gubernur NTB yang diwakili Sekda Lalu Gita Aryadi, Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, wakil ketua II DPRD Provinsi NTB, Wakapolda NTB, Kasrem 162/WB perwakilan FKPD Prov NTB terkait, Irwasda Polda NTB, Pejabat Utama (PJU ) Polda NTB, Para OPD Tk.Prov.NTB, Wali Kota Mataram, Kapolres/ta Sepulau Lombok, Dandim sepulau Lombok, Bupati Lombok Tengah, Asistensi 1 Setda Lombok Utara (Lotara), Asisten 2 Setda Lombok Tengah (Loteng ), Asistensi 2 Setda Lombok Barat, Perwakilan instansi terkait tingkat Prov. NTB dan dihadiri juga dari Pihak ITDC.

Usai Acara dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama untuk mensukseskan event IATC, WSBK 2021 dan MotoGP 2022 mendatang.

Kapolda NTB menegaskan bahwa NTB siap menjadi tuan rumah event IATC WSBK 2021 dan juga MotoGP 2022 mendatang, dengan aman, damai tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Tahapan-tahapan sudah kita lakukan, sejak dua bulan yang lalu kita sudah mulai tahapan seperti Focus Group Discusions, belanja secara data kualitatif dari masing-masing stakeholder, rapat koordinasi juga melakukan Tactical floor Game,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk memantapkan persiapan TNI-Polri kerap melakukan simulasi-simulasi parsial, masing- masing stekholder seperti bidang kelautan/kemaratiman serta konektivitas laut, darat dan udara.

Terakhir Polda NTB dan Korem 162/WB melakukan Tactical Floor Game (TFG) di Hotel Aruna Senggigi dan dilakukan finishing- finising lainnya.

“Hari ini kita lakukan final chek meeting dan
besok Insya Allah kita akan lakukan simulasi lapangan,” bebernya.

Secara umum semua stakeholder dan instansi terkait sudah siap menghadapi event di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Secara umum provinsi NTB sudah siap menjadi tuan rumah dalam event IATC, WSBK serta InsyaAllah MotoGP 2022 aman, damai dan terkendali, Bahkan tadi ITDC sudah menyampaikan kesiapan, DVI sudah di lakukan, DIANDRA sebagai event organiser (EO) sudah siap, Kami TNI – Polri juga sudah melakukan penguatan-penguatan,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi masuknya Covid ke NTB pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatu untuk mencegah penyebarannya, tentunya Protokol Kesehatan yang diperketat serta tempat karantina disiapkan, Rumah Sakit rujukan juga disiagakan.

“Kita sudah menyiapkan protokol kesehatan, bukan hanya tempat karantina, rumah sakit rujukan, tapi prokes menggunakan masker kita tunjukan bahwa sebagai tuan rumah sepulau lombok tidak hanya lombok tengah,” tandasnya.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah sangat siap untuk mendukung pelaksanaan segala bentuk event yang akan terlaksana di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Dalam operasi dukungan ini kami dari pihak TNI terkait dengan apabila adanya kontijensi, seperti bencana alam maupun bencana non alam,” jelasnya.

Terkait dengan kotinjensi itu jajaran Korem 162/WB sudah melakukan latihan, selain itu pihaknya juga kerap melakukan TFG dan juga FGD untuk memantapkan strategi yang akan dimainkan saat terjadi segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Atas nama pemerintah Provinsi NTB Sekda NTB Lalu Gita Aryadi bersyukur, persiapan yang dilakukan semua pihak untuk menghadapi event di Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah Matang, termasuk persiapan kotinjensinya.

“Dinas Kesehatan sudah melakukan koordinasi dengan semua rumah sakit manakala kotinjensi terjadi,” jelasnya.

Selebihnya pemerintah Provinsi NTB melalui Sekda NTB Lalu Gita Aryadi berharap, media sebagai pendukung lainnya, dia ingin media dapat memberitakan hal-hal positiv agar event terlaksana dengan baik, tamu tidak ragu datang ke Indonesia terlebih ke NTB.

“Ketika tamu berdatangan tolong teman-teman media, berikan berita-berita yang positiv, promosikan potensi-potensi ekonomi yang kita miliki, sehingga tamu-tamu merasa at home sedemikian rupa, agar gemerincing rupiah kencang terjadi selama penyelenggaraan event di Pertamina Mandalika International Street Circuit,” harapnya.

Sementara pihak ITDC menyampaiakan bahawa event di Pertamina Mandalika International Street Circuit harus disukseskan bersama, dia juga berterimakaih kepada semua instansi pemerintah yang telah mempersiapkan segala sesuatu guna mensukseskan event ini.

Dia juga bertekad untuk melaksanakan event dengan sebaik mungkin untuk merealisasikan harapan semua pihak termasuk warga Indonesia terlebih warga NTB.

“Ini adalah suatu kebersamaan yang harus kita sukseskan bersama, karena yang kita bawa disini adalah merah putih,” pungkasnya

KOMISARIS BESAR POLISI

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.