Tertunda Dua Tahun Kejuaraan Ironman 70.3 di Lombok Resmi Digelar

  • Bagikan
Tertunda Dua Tahun Kejuaraan Ironman 70.3 di Lombok Resmi Digelar
Ironman 70.3 Lombok. radarntb.com

MATARAM radarntb.com – Sempat tertunda selama dua tahun karena Covid-19, Kejuaraan triathlon Ironman 70.3 siap digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8 Oktober 2022 mendatang.

Kejuaraan Ironman merupakan ajang olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga (cabor) sekaligus, yakni olahraga renang, sepeda, dan lari. Sementara kejuaraan Ironman 70.3 adalah setengah dari Ironman.

Hal itu dijelaskan oleh, Operations Head Ironman 70.3 2022 Lombok M Fathur Rozi, kepada rasarntb.com, Rabu (21/9/2022).

Kejuaraan Ironman 70.3 Indonesia tahun 2022 ini nantinya akan mengambil lokasi di Senggigi Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tiga jenis lomba dalam Ironman 70.3 2022 di Lombok, NTB ini, nantinya akan start dari Hotel Holiday Resort, Senggigi, Lombok Barat (Lobar), NTB.

Pertama peserta Ironman 70.3 2022 Lombok akan renang sepanjang 1,9 kilo meter dari bibir pantai hotel Holiday Resort Lombok, 100 meter ke tengah laut, lalu belok kiri dan belok kanan berbentuk persegi panjang kemudian balik ke bibir pantai.

Setelah renang selesai, peserta lari mengambil Sepeda ditempat yang sudah disediakan, langsung start menuju rute yang sudah ditentukan.

Rute bersepeda yang akan ditempuh sepanjang 90,1 kilo meter, start dari Hotel Holiday Resort Senggigi menuju Batujai Lombok Tengah, melawati jalan linggakr selatan terus ke jalan By Pass Bill. Putar balik di Batujai dan finis di hotel Holiday Resort Senggigi lagi.

Finis lomba sepeda, peserta langsung mengikuti lomba lari maraton sepanjang 21,1 kilo meter, Start dari Area Transisi di Holiday Resort, lari menuju jalan Raya Senggigi sampai dekat Montana Hotel,
lalu putar-balik menuju Holiday Resort, Dua putaran.

Fathur Rozi mengatakan, kejuaraan ini cukup bergengsi karena diikuti peserta dari 30 negara lebih yang ada di dunia.

Ironmen 70.3 Lombok, merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya di Indonesia setelah sebelumnya di Bintan.

Rencananya kejuaraan ini akan terlaksana di Indonesia selama tiga tahun kedepan, dan kabar baiknya, Lombok akan dipilih menjadi lokasi berikutnya.

Target pesertanya 1000 orang, namun karena sempat tertunda selama dua tahun akibat Covid-19 banyak yang mengundurkan diri.

Pada akhirnya, peserta yang sudah mendaftarkan diri dan akan mengikuti kejuaraan internasional ini sebanyak 415 orang, dari lima negara, yakni Indonesia, Singapore, Malaysia, Amerika dan Australia.

“perlu waktu 1,5 tahun untuk mendapatkan persetujuan ironman asia agar ironman 70.3 dapat diadakan di lombok,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.