Pengaspalan Ulang Lintasan Sirkuit Mandalika Mulai Dilakukan Hari Ini

  • Bagikan

MANDALIKA – Pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika yang sempat menjadi keluhan sejumlah Pembalap MotoGP mulai dilakukan hari ini, Sabtu (5/3/2022).

Pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika itu, ditargetkan selesai dalam lima hari kedepan.

Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, kepada awak media, Sabtu (5/3/2022) mengatakan, mulai jam 12 siang pihaknya memasukkan semua alat berat yang diperlukan untuk proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika tersebut.

“siang ini sekitar jam 12 kita mulai memasukkan alat berat untuk proses pengaspalan, sebelumnya pagi sudah dipastikan bersih, sekitar jam 9 pagi kita kasih bonding lemnya,” kata Priandhi.

Pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam empat sentimeter lebih.

Proses berikutnya lintasan sirkuit dilapisi aspal yang menggunakan teknologi Stone Matic Asphalt (SMA).

Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil.

“kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi.

Proses Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika

Sesuai permintaan Dorna dan FIM, pengaspalan ulang sirkuit Mandalika dilakukan dari tikungan 16 setengah sampai tikungan lima setengah.

Dalam artian lintasan Sirkuit Mandalika yang di aspal ulang yakni, antara tikungan 16 dan 17 hingga antara tikungan 5 dengan 6, dengan panjang 1,2 kilometer.

Bahan yang ditaruh di lintasan Sirkuit Mandalika ini dipastikan bersih, seperti krikil yang dibawa dari palu beberapa hari lalu telah dicuci bersih, sehingga menghasilkan krikil yang bersih dan sempurna.

Proses menuju pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika ini sangat banyak. ertama-tama aspal dikupas hingga kedalaman 4,6 sentimeter, stelah dikupas, lintasan di sikat berkali-kali kemudian dibersihkan menggunakan air, disikat lagi hingga benar-benar bersih.

Selain lintasan alat berat juga dibersihkan berkali-kali sampai roda dan drum penggilas aspal benar-benar bersih.

“saya berharap dari semua proses yang dilakukan, kita mendapatkan lintasan yang sempurna dan dapat dipakai untuk balapan MotoGP,” tandasnya.

Secara umum, proses pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika tidak ada kendala, material yang disiapkan melebihi dari target

“untuk septinya kita siapkan dua truk material dari jumlah yang kita butuhkan,” pungkasnya.

Untuk pengaspalan ulang lintasan Sirkuit MotoGP ini, MGPA terus berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Konsultan dan PT Pembangunan Perumahan.

Semua pekerjaan dilaksanakan secara terstruktur serta terukur, perkembangannya pun disampaikan langsung ke pihak Dorna dan FIM.

Sementara untuk konsultan pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika ini, didatangkan langsung dari luar negeri yakni Roads Runways Racetracks (R3).

Perusahan konsultan Roads Runways Racetracks yang selanjutnya disingkat R3 ini adalah, layanan pengujian dan konsultasi perkerasan khusus untuk Jalan, Landasan Pacu, dan Lintasan Balap.

R3 memanfaatkan pengetahuan berdasarkan lebih dari 30 tahun penelitian akademis di permukaan trotoar. R3 menawarkan layanan konsultasi yang unik untuk industri transportasi dan motorsport di seluruh dunia.(mn*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.