Puluhan Nakes Kota Mataram Belajar Entomologi Malaria

  • Bagikan
Puluhan Nakes Kota Mataram Belajar Entomologi Malaria
Puluhan Nakes Kota Mataram Belajar Entomologi Malaria

MATARAM radarntb.com – Puluhan tenaga kesehatan (Nakes) dari sejumlah puskesmas yang ada di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berlatih Entomologi Malaria.

Pelatihan Entomologi Malaria bagi tenaga kesehatan atau Nakes Kota Mataram ini terlaksana atas kerjasama Balai Pelatihan Kesehtan (Bapelkes) Mataram Kemenkes RI dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram.

Pelatihan Entomologi Malaria bagi tenaga kesehatan Kota Mataram ini berlangsung di Hotel Puri Indah, Kota Mataram selama 6 hari dengan total 50 jam pelajaran atau JPL, mulai tanggal 25 sampai dengan 30 September 2023.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 27 orang, terdiri dari Pengelola Program Malaria, Pengelola Program Arbovirosis, Surveilans dan Penyehatan Lingkungan pada sejumlah puskesmas yang ada di Kota Mataram.

Pelatihan ini berakhir pada tanggal 30 September kemarin dan ditiup langsung oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehtan (Bapelkes) Mataram Kemenkes RI Ali Wardana.

Selaku Kepala Bapelkes Mataram Kemenkes RI, Ali Wardana bangga dengan capaian pada pelatihan ini sebab semua peserta dinyatakan lulus dengan hasil memuaskan.

Kepala Bapelkes Mataram Kemenkes RI Ali Wardana mengatakan, tugas Bapelkes Mataram hanya penjaminan mutu agar pelatihan dilaksanakan sesuai kurikulum yang tertuang dalam SIAKPEL (Sistem Informasi Akreditasi Pelatihan) Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI.

Sementara untuk pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh masingmasing instansi, seperti Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Barat.

“ini merupakan bentuk tanggung jawab dan amanah sebagai satu satunya Balai Pelatihan Kesehatan yang terakreditasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),” tegasnya.

“tanggungjawab ini akan kami terus upayakan agar pelatihan kesehatan di wilayah kerja Bapelkes Mataram berjalan lancar dan sesuai rencana,” imbuhnya.

Selain itu Ali Wardana juga mengatakan kegiatan dan pelatihan-pelatihan yang terselenggara di wilayah kerja Bapelkes Mataram dari Bali hingga NTT terlaksana atas kerjasama banyak pihak terutama tim Bapelkes Mataram.

“kami ucapkan terimakasih kepada tim Bapelkes Mataram yang telah berusaha sekuat mungkin mensukseskan kegiatan dan pelatihan-pelatihan di wilayah kerja kita,” ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan dan pelatihan-pelatihan yang sudah terlaksana dapat memberi manfaat dan dampak yang baik bagi masyarakat.

Selebihnya ia berharap pada kegiatan dan pelatihan berikutnya dapat lebih bagus dan lebih sempurna lagi.

Kekurangan-kekurangan yang ada dapat segera diperbaiki untuk pencapaian mutu kegiatan dan pelatihan yang lebih berkualitas.

“Semoga kegiatan dan pelatihan pelatihan yang akan di laksanakan kedepannya akan lebih berkualitas lagi baik pelatihan yang bersumber APBN, APBD, Dana Dekonsentrasi dan Dana DAK Non Fisik yang mulai tahun 2023 ini baru bisa dilaksanakan,” pungkasnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *