YATOFA Peringati Haul ke-62

  • Bagikan

LOMBOK TENGAH (RadarNTB) – Yayasan At-tohiriah Alfadiliah (YATOFA) Bodak, peringati Hari Ulang Tahun (Haul) ke-62, dirangkai dengan peringatan Haflah Hauliah Almagfurillah TGH. Fadhil Thohir yang ke-32 tahun.

YATOFA merupakan singkatan dari Yayasan At-thohiriah Alfadiliyah, YATOFA salah satu Pondok Pesantren tertua yang ada di Lombok Tengah.

Awalnya Pondok Pesantren Yatofa dipimpin oleh seorang Tuan Guru bernama Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Fadil Thahir yang biasa dipanggil Tuan Guru Fadil, setelah wafat, YATOFA dipimpin oleh Datok Bajang sebutan bagi Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Fadli Fadil Thahir.

Pondok Pesantren YATOFA berada di Dusun Bodak, Desa Montong Terep, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

YATOFA lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Pondok Bodak, santri yang pernah Mondok di YATOFA jumlahnya ribuan tersebar di seluruh NTB bahkan dari Luar NTB.

Senin (1/11/2021) YATOFA memperingati Hari Ulang Tahun (HAUL) yang ke-62. Momen ini juga dirangkaikan dengan peringatan Haflah Hauliah Almagfurillah TGH. Fadhil Thohir yang ke-32 tahun.

Peringatan dua hari bersejarah tersebut, Yatofa Bodak mengisinya dengan pengajian umum berisikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang disampaikan oleh pimpinan Pondok Pesantren TGH. Fadli Fadil Tahir.

Selain pengajian umum yang berisikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yayasan tertua di Loteng ini juga melakukan santunan kepada ratusan anak yatim dan piatu se-Pulau Lombok.

Tidak tanggung-tanggung, dalam santunan ini Yatofa menyalurkan dana ratusan juta, sumbangan dari jamah pengajian dan dermawan.

“Alhamdulillah, jumlah dana yang merupakan sumbangan dari jemaah mencapai Rp. 430 juta untuk kita sumbangkan kepada anak-anak kita,” kata Datok Bajang sebutan bagi Tuan Guru Padli Fadil Tahir di Ponpes Athohiriyah Al Fadiliyah l, Senin (1/11).

Haul YATOFA ke-62 itu, diahadiri Tuan Guru Lingsir TGH Rusdan Bakri, Bupati Lombok Tengah HL. Pathul Bahri, Wakil Bupati HM. Nursiah, mantan Bupati Loteng H Moh. Suhaili dan sejumlah pejabat Pemkab Loteng lainnya.(mn*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.